Menjadi mahasiswa Ilmu Politik Universitas Indonesia bukanlah hal yang sulit, banyak teman-teman dari daerah berhasil menjadi bagian dalam Keluarga Ilmu Politik UI dan berhasil di kehidupan akademik maupun di kesehariannya.

Sudah siapkah dirimu menjadi mahasiswa Politik UI?

Untuk diterima sebagai mahasiswa Politik UI, kamu harus lulus dari SMA dan ikut serta dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru UI; baik SNMPTN (jalur undangan), SBMPTN (ujian tulis nasional), hingga SIMAK UI. Persiapkan diri dengan matang dan jangan putus asa apabila kamu tidak diterima di salah satu jalur tersebut, karena masih ada jalur lainnya. Ujian yang diberikan tidak jauh dari ;

  • Kemampuan Dasar terdiri dari Matematika Dasar, B.Indonesia, B.Inggris ;
  • Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi, IPS Terpadu; dan/atau…
  • Kemampuan IPA terdiri dari Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, IPA Terpadu.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan, sempatkan dirimu bertanya kepada kakak-kakak senior alumni sekolahmu yang berkuliah di UI, atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Terima kasih 🙂

Untuk kanal informasi, silahkan akses beberapa akun berikut ini ;

Untuk permasalahan keuangan, tenang saja. Bagi kamu yang mendaftarkan diri pada program Sarjana Reguler, kamu mendapatkan kemudahan melalui mekanisme BOP-Berkeadilan. Pada dasarnya, Biaya Operasional Pendidikan merupakan komponen biaya penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang dibayarkan setiap semester oleh mahasiswa. Bagi mahasiswa program pendidikan S1 Reguler dari berbagai jalur masuk (SIMAK, SNMPTN, dan SBMPTN) memiliki kesempatan untuk memilih Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan atau disingkat dengan BOP B. Skema ini memungkinkan mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan bayar orang tua, wali atau penanggung biaya pendidikan mahasiswa.

Besaran BOP B yang dibayar per semester minimal Rp 0 dan maksimal Rp 5.000.000 untuk Rumpun Sosial Humaniora yakni FIB, FISIP, FPsi, FH, FE. Sedangkan untuk Rumpun Sains, Teknologi dan Kesehatan yakni FK, FKG, FT, FASILKOM, FKM, FMIPA, FIK, F.Farmasi minimal Rp 0 dengan maksimal Rp 7.500.000.

Penetapan besaran BOP B dilakukan setelah peserta memilih kelas pilihan BOP B serta melengkapi persyaratan ketika dinyatakan diterima sebagai mahasiswa S1 Reguler. Formulir dan keterangan detail hanya muncul di akun pengumuman setelah seseorang dinyatakan diterima di S1 Reguler.

Unduh penjelasan lengkapnya di ; BOP-Berkeadilan 2015.